Spreader bar dan spreader beam adalah perangkat yang sangat mirip dan umum digunakan di hampir setiap industri. Kedua perangkat ini memiliki fungsi yang sangat mirip;

mereka memungkinkan derek tunggal untuk mengangkat beban dari beberapa lokasi, untuk menyebar beban dan memberikan keseimbangan pengangkatan. Namun, masing-masing perangkat ini memiliki sifat dan kegunaan yang sangat berbeda. Ada saatdi mana satu perangkatlebih ideal dan menggunakan yang lainnya akan menjadi lebih rumit dan tidak efisien.

 Spreader Bar

spreader bar elhifa indonesia

Spreader Bar Spreader bar (balok penyebar) adalah perangkat yang sangat sederhana, dan terdiri dari sebuah bar panjang yang berfungsi untuk menahan slingdengan jarak angkat. Darisisi pengangkatan

 

, benda ini mengkonversi beban angkat menjadi kekuatan tekan di bar, dan kekuatan tarik di sling. Hal ini menyebabkan penggunaan yang sangat efisien dari bahan, yang membuat mereka lebih ringan, lebih mudah untuk perancangan, dan biaya lebih murah dari penggunaan aksesoris pengangkatan. Namun, pengangkatan ini membutuhkan lebih banyak ruang atas untuk mengangkat dengan system balok ini.

Lifting Beam

 

The Lifting Beam Lain dengan Lifting Beam (balok angkat), terdiri dari balok panjang yang mengubah beban angkat menjadi momen lentur melalui balok. Ini adalah penggunaan jauh lebih efisien dari segi bahan, dan sebagai hasilnya, mengangkat balok yang pada umumnya lebih berat dan lebih mahal daripada bar spreader. Manfaat utama dari mengangkat balok adalah headroom (Rongga atas) yang berkurang secara substansial untuk melakukan pengangkatan. Hal ini membuat balok angkat cocok untuk pengangkatan ringan, pengangkatan dengan rentang pendek dan memiliki kebutuhan ruang kepala kecil.

 

Keuntungan lain dari spreader bar untuk mengangkat balok adalah spreader bar mudah dibuat disesuaikan panjang untuk mengakomodasi berbagai jenis pengangkatan. Karena sifat aksial beban, bentuk yang paling efisien untuk spreader bar adalah tabung persegi atau bulat. Hal ini kemudian menjadi mudah untuk menambahkan bagian yang akan disambungkan ke bagian lainnya. Hal ini memungkinkan adanya bagian pada spreader bar untuk dibagi menjadi dua atau tiga bentangan (tergantung pada jumlah bagian), memberikan spreader bar beberapa opsi untuk penyimpanan, transportasi, dan penanganan. Sebaliknya, merancang spreader beam untuk penyimpanan menjadi tantangan yang jauh lebih besar, sebagai bentuk bahan yang paling efisien adalah I-beam. Juga, karena beban diangkat dari lokasi pusat, dan bukan dari ujung, balok harus tetap seimbang. Hal ini menjadi jauh lebih sulit untuk membuat balok angkat. Namun, dengan menambahkan beberapa poin lifting sepanjang balok, lifting beam dapat dibuat untuk menangani pengangkatan yang berbeda. Juga, ini juga dapat memungkinkan untuk lebih dari 2 poin lifting yang akan digunakan untuk pengangkatan tunggal, sesuatu hal dimana tidak pernah dapat dilakukan pada spreader bar. Perbedaan antara kedua perangkat dapat digambarkan sebagai mirip dengan perbedaan antara jembatan gantung dan jembatan kantilever. jembatan gantung sangat mirip dengan spreader bar, dengan kabel yang mendukung panjangnya, mengubah setiap beban vertikal menjadi gaya tarik pada kabel, dan gaya tekan pada menara dan dek. jembatan kantilever seperti mengangkat balok, di mana beban vertikal diubah menjadi momen lentur.  Cara Pilih Antara spreader bar dan alat angkat Ketika memilih antara spreader atau alat pengangkat, pertanyaan-pertanyaan berikut dapat membantu dalam memutuskan apa yang akan bekerja terbaik untuk pengangkatan Anda: 1. Benda apa yang Anda angkat, dan, 2. Bagaimana Anda mengangkatnya? Mempertimbangkan berat objek yang mengangkat, serta di mana titik-titik lifting berada. Untuk bentang yang sangat luas atau panjang, spreader bar akan jauh lebih efektif. Namun, jika Anda perlu pengangkatan untuk menyangga di seluruh bentangan panjang, maka spreader bar akan sia-sia karena tidak bisa mendukung di bagian tengah. 3. Di mana Anda mengangkatnya? Jika Anda memiliki kendala tinggi yang tidak dapat dihindari, maka spreader beam mungkin pilihan yang lebih baik. Perlu diingat meskipun jika beban Anda sangat ringan, rentang yang lebar akan masih memerlukan spreader beam yang cukup lebar pula.

Share :