Artikel berikut akan menjelaskan apa itu WLL , MBL dan kaitannya dan diatur dalam safety factor.

Working Load Limit (WLL):

 Working Load Limit (WLL atau BATAS BEBAN KERJA) adalah Beban Statis Maksimum yang ditentukan oleh Standard, Manufaktur atau fabrikator dari sebuah alat atau perangkat yang digunakan untuk mengangkat, menurunkan atau menggantung sesuatu beban. Kapasitas ini ditujukan untuk penyeragaman atas batas umum beban kerja. Batas beban Kerja tersebut harus dipatuhi dan tidak boleh dilampaui sehingga kekuatan kerja dapat dikontrol, dimonitor dan aman untuk digunakan.

 Setiap alat bantu angkat dirancang untuk menaikkan, menurunkan atau menggantung  beban.  Dalam beberapa standar dan  dokumen lainnya. Saat ini peralatan menggunakan istilah ini tapi pada sebelumnya banyak sebelumnya dikenal dengan nama sebagai berikut:

 Safe Working Load (SWL)

  • Safe Working Limit
  • Rated Load Value
  • Maximum Load Limit
  • Resultant Working Load

  MINIMUM BREAKING LOAD (MBL)

 Minimum Breaking Load adalah kekuatan rata-rata minimum dari hasil pengujian sebuah produk untuk gagal dalam pengujian tarik. Breaking strength (Kekuatan Putus) dari hasil pengujian tersebut harus diperoleh dalam kondisi laboratorium uji yang terkontrol.

SAFETY FACTOR (DESIGN FACTOR - SF)

 Design Factor  atau Safety Factor adalah: Rasio Faktor Keamanan (Faktor Desain) yang dirancang secara teoritis  untuk menjaga titik keamanan pengangkatan.

Keamanan tersebut diperoleh dari perbandingan Kemampuan Kekuatan suatu barang dihitung dari Batas Minimum Kegagalan pengangkatan (MBL) dengan  Batas Maksimum Pengangkatan (WLL). Rasio antara MBL dengan WLL itulah disebut DESIGN FACTOR .

 Rasio antara MBL dengan WLL itulah disebut DESIGN FACTOR.

WLL = MBL / SF

Share :